Kamis, 30 Juni 2016

DIY Project: Make Over My Room



Salah satu hal yang kutulis dalam daftar “100 dreams project” adalah make over kamar. Dari kecil aku emang suka banget ngehias-hias kamar gitu. Waktu SMP, kalo yang lain lagi seneng-senengnya sama telenovela remaja, aku paling suka nonton acara reality show Jepang di TPI, tentang lomba memake over ruangan. Setiap peserta bebas berkreasi namun dengan budget terbatas. Ini serunya. Mau nggak mau mereka harus kreatif. Tak jarang mereka berhasil menyulap barang-barang murah dan kelihatan sepele, menjadi lebih artistik.
Dari situ aku jadi terinspirasi untuk memake over kamar sendiri meski budget minim. Caranya adalah dengan  memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar. Misal, mengecat ulang lemari yang sudah lama tidak terpakai, membuat hiasan dinding dari kertas bekas dan kain perca. Bahkan dulu, sangking pengennya punya tempat tidur sendiri, aku menyulap lemari panjang menjadi tempat tidur dengan kasur empuk didalamnya. Selama beberapa tahun aku betah banget tidur di situ sampai akhirnya terpaksa pindah karena kakiku udah nggak cukup lagi didalamnya.
Tentu masih banyak hal kreatif yang bisa dilakukan. Apalagi sekarang udah ada pinterest. Banyak ide-ide yang bisa dicontoh. Jujur sih, kalo udah buka pinterest kadang jadi nggak konsen. Dari yang tadinya mau browsing referensi buat kerjaan, eh malah jadi liat gambar-gambar interior kamar yang lucu-lucu.
Bisa dibilang udah jadi semacam obsesi. Sampai sekarang aku pengen bisa punya kamar yang “aku banget”. Tapi sejauh ini belum pernah benar-benar terwujud. Beberapa tahun hidup nomaden alias pindah-pindah kosan, bikin aku sulit merealisasikannya. Apalagi kamar kosan, yang bukan sepenuhnya milik sendiri. Belum, kalo ternyata nggak betah terus pengen pindah kosan.
Tapi sekarang , meski masih ngekos, aku cukup nyaman. Hampir 4 tahun semenjak kerja di Bandung, aku nggak pindah-pindah kosan lagi. Tiap pulang kerja, ngliatin tembok yang sepi bikin aku greget pengen memake overnya. Singkat cerita, akhirnya kuputuskan kamar ini menjadi proyek eksperimenku.
 
Dapet ide awalnya malem-malem pas mau tidur.Karena terlalu excitednya,
 aku sampe nggak bisa tidur. Aku nyalain lampu lagi dan buru-buru
 bikin list barang apa aja yang aku butuhin.
Dan inilah hasilnya.
















Nggak ada tema khusus sebenernya. Kalo dilihat secara keseluran kesannya, cherfull, girly dan teenage gitu ya. Warna pink fucia mendominasi karena aku emang suka banget warna itu. Aku kombinasikan dengan warna biru dan putih biar warna pinknya nggak bikin sakit mata alias too much (Kebetulan warna tembok dan karpetnya matching... jadi lumayan enggak usah ngecat ulang lagi)

Dan pastinya aku masih menerapkan asas “Irit Budget”. Artinya, kalo bisa bikin sendiri ngapain beli. Kalo bisa beli dengan harga murah, ngapain beli yang mahal. Hehe.. Karena itulah banyak item yang aku bikin sendiri. Apa aja, sih? Let’s chek one by one!


Sebenernya belum sepenuhnya beres sih. Masih ada beberapa bagian yang pengen aku tambahin. Nanti deh, ku update lagi kalo udah benar-benar jadi.
Intinya, semua terletak pada kreativitas. Percaya deh, dengan keterbatasan justru kita akan terpancing untuk menciptakan karya-karya kreatif. Memang, mungkin akan sedikit memakan waktu. Tapi pasti ada kepuasan tersendiri dibanding beli barang-barang secara instan. Try it!
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar