Kamis, 14 Desember 2017

Cerita Honeymoon 1 (Berburu Senja di Pantai Bali)

Yeiiyy.. Akhirnya kesampaian juga nulis catatan perjalanan selama aku liburan di Bali. Tapi berhubung ada banyak tempat yang kukunjungi, jadi kucicil ya, jadi beberapa bagian. Kali ini aku mau cerita tentang keindahan pantainya. Bali ini emang surga bagi pecinta laut. Mulai dari pantai yang ramai hingga yang sepi, yang banyak karang maupun tidak, semua ada. Mau sekedar main pasir atau liat sunset, surfing, snorkling, bisa. Kebetulan sebagian besar tempat yang kami kunjungi adalah pantai. So, aku paling excited untuk cerita tentang ini. Langsung aja deh, berikut beberapa ulasannya:

1.Pantai Kuta

Ini adalah pantai pertama yang aku dan suami kunjungi begitu tiba di Bali. Letaknya yang berada di pusat kota membuat akses jalan menuju tempat ini sangat mudah. Kami sendiri cukup berjalan kaki. Kebetulan hotel tempat kami menginap deket banget dengan pantai.
Sebenarnya kami datang nggak pagi-pagi amat, sekitar jam 9an. Tapi pantai ini masih sepi pengunjung. Toko-toko di sepanjang jalan yang kami lewati juga masih banyak yang tutup. Seperti belum ada kehidupan. Nggak heran sih, daerah ini sangat terkenal dengan hiburan malamnya. Orang-orang banyak yang menghabiskan waktu di bar pada malam hari bahkan hingga pagi. Wajar jika mereka masih lelap tidur meski matahari sudah tinggi. Sesekali hanya nampak wisatawan yang sedang jogging di pantai. Ada juga beberapa yang surfing. Ombak di sini cukup aman untuk olahraga tersebut.
Ternyata, pemandangan pada pagi hari jauh berbeda dengan sore harinya. Pada sore hari, pantai ini akan dipenuhi wisatawan yang ingin melihat sunset. Mereka akan duduk di sepanjang pantai seperti sedang nonton layar tancep. Daya tarik utama Pantai Kuta memang terletak pada keindahan sunsetnya. Ditambah lagi pantai ini sangat luas dan bersih dari karang-karang membuat pemandangan sunset jadi nampak menonjol.



2.Pantai Seminyak
Pantai ini tidak jauh berbeda dengan Kuta. Mungkin karena letaknya cukup berdekatan. Keduanya sama-sama berpasir hitam dan menawarkan keindahan sunset (Sayangnya, waktu aku kesana langitnya sedang mendung jadi nggak bisa lihat sunset. Padahal kami udah nunggu lama ;-( ). 
Namun dibanding Kuta, pantai Seminyak ini lebih sepi. Cocok untuk yang ingin menikmati sunset tapi tidak terlalu suka keramaian. Hanya saja disini banyak sekali anjing yang berkeliaran. Bagi yang takut anjing sepertiku, mungkin akan sedikit merasa tidak nyaman.
O iya, di daerah Seminyak ini banyak banget cafe-cafe lucu dan instagramable. Ada Sea Vu Play, Sea Circus, Cabina, La Mexicola dan masih banyak lagi. Mungkin namanya terdengar asing, tapi kalau kita rajin scrolling instagram, tempat-tempat tersebut pasti sudah sering kita lihat (salah satunya semoga bisa kuulas nanti). So, buat kamu yang hobi foto-foto, sebelum ke pantai Seminyak, ada  baiknya sekalian mampir ke cafe-cafe yang udah kusebutin di atas.




3. Pantai Pandawa
Ini nih, salah satu pantai yang terkenal juga di Bali. Letaknya cukup jauh, di ujung selatan pulau Bali, tepatnya di daerah Uluwatu. Waktu aku ke sana, sepertinya masih dalam proses renovasi. Sebelum mencapai pantai, terlebih dahulu kami disambut oleh tebing-tebing kapur berwarna putih. Beberapa bagian dari tebing tersebut dipahat menyerupai goa dan ada patung-patung raksasa didalamnya. Karakteristik pantai ini mengingatkanku pada pantai-pantai di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan pasir putih yang butirannya besar-besar. Beberapa bagian terdapat karang-karang berlumut. Airnya sangat tenang dan jernih. Di bagian yang dangkal kita bahkan bisa melihat dasarnya. Kita juga bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar kaki. 
Wisatawan di sini kebanyakan adalah wisatawan lokal. Dari logatnya sepertinya banyak yang berasal dari daerah Jawa Timur. Ada juga wisatawan China dan negara Asia lain. Sementara 'bule' tidak begitu banyak.
O ya, di pantai ini ada penyewaan kano, loh! Semacam perahu kecil yang bisa dinaiki 2 atau 3 orang. Tapi dibanding menaiki kano, aku dan suami memilih untuk berjalan menyusuri pantai. Ternyata ada bagian dari pantai ini yang cukup sepi. Aku jadi lebih bisa menikmati keindahan pantai. Di sini jugalah, aku dan suami bikin foto ala-ala prewedding dengan bantuan tripot. Maklumlah sebelum nikah kami nggak ada acara prewed-prewed an.







4. Tanah Lot
Kalau pengen ke pantai yang kental dengan nuansa Balinya. Mungkin Tanah Lot ini jawabnya. Di pantai ini ada sebuah tebing dengan pura diatasnya. Ketika senja, jika dilihat dari sebelah timur, pura ini akan nampak sangat indah dan dramatis. Seperti lukisan siluet dengan matahari tenggelam di sebelahnya, Sayang, sehari-hari pura itu tertutup untuk umum. Tapi kita masih bisa berkeliling menikmati pantai yang sebagian besar permukaannya berupa bebatuan. Namun hati-hati, ya, karena konon di batu-batu tersebut banyak tersembunyi ular laut.  






5. Pantai Dreamland
Ini adalah pantai dengan rute tersulit yang pernah kami kunjungi. Kami harus melewati bukit dan perkampungan yang sepi. Beberapa kali bahkan kami sempat tersesat. Sementara waktu yang kami punya nyaris habis. Kami harus beradu cepat dengan matahari agar bisa menyaksikan sunset. Suami memacu kendaraan sekencang-kencangnya. Sepanjang jalan aku nggak lepas dari doa-doa.   
Namun semua itu akhirnya terbayar lunas begitu melihat pemandangan sunset yang sangat indah. Pantai ini letaknya agak tersembunyi dan tidak begitu luas. Ada bukit karang yang melingkupi pantai. Bagiku ini adalah pantai yang terindah. Rasanya seperti di negeri dongeng. Matahari bulat dihadapanku. Pasir putih, laut biru, langit pink kekuningan, perpaduan warna pastel yang sempurna. 
Sayangnya, pemandangan itu hanya dapat kami lihat sekejap. Matahari cepat sekali tenggelam. Langit menggelap dan kami harus segera pulang agar tidak terjebak macet. 





6.Pantai Pertamina
Sebenarnya aku dan suami tidak punya niatan khusus untuk ke sini. Awalnya kami hanya berkeliling kota naik motor tanpa tujuan. Lalu kami 'menemukan' pantai ini. Namanya pantai Pertamina. Memang tidak begitu terkenal di kalangan wisatawan. Padahal letaknya masih satu deret dengan Pantai Kuta dan Seminyak. Walaupun begitu, pantai ini tetap menyimpan keunikannya tersendiri. Di sini kita bisa melihat wajah lain dari Bali. Kita bisa melihat kehidupan masyarakat Bali yang lebih real dan sederhana. Misalnya menyaksikan anak-anak kecil mencari ikan atau yang bermain bola di tepi pantai. Di sini banyak juga kapal-kapal nelayan yang merapat. Ketika senja kapal-kapal tersebut menjadi siluet sangat indah. Ya, seperti umumnya deretan pantai barat, pantai Pertamina juga menawarkan pemandangan sunset yang memukau. Ada 1 spot yang bagus untuk menyaksikan sunset. Aku tidak tahu persis namanya. Mungkin semacam pemecah ombak yang memanjang ke laut. Selain sunset, dari sini kita juga bisa melihat pesawat lepas landas dari bandara Ngurah Rai (Antara pantai dengan bandara jaraknya memang cukup dekat) Berhubung kami ke sini pada hari-hari terakhir, rasanya sedih sekali melihat pesawat lepas landas. Kami jadi ingat bahwa liburan sebentar lagi berakhir dan kami harus segera kembali ke Bandung 😢



2 komentar: